Rabu, 28 Juli 2010

Lomba Pidato

Salah satu perlombaan yang dilaksanakan oleh tim panitia lomba tingkat adalah pidato,pidato adalah suatu pengemukaan aspirasi oleh pelaku, yang mana pelaku tersebut harus meyakinkan si pendengar,supaya pendengar berbuat seperti yang diharapkan oleh pelaku,sedangkan didalam lomba pidato tersebut aspek-aspek yang dinilai adalah artikulasi,isi,vokal,kebaruan,gaya dan ketepatan.
artikulasiartikulasi adalah kejelasan dalam pengucapan kata atau kalimat,sehingga sesuai dengan artinya. isi isi adalah hal inti yang akan disampaikan oleh pelaku kepada pendengar,dimana did

alamnya tercantum penjelasan dan dilengkapi dengan contoh.vocalvocal adalah kemantapan penyebutan A,I,U,E,O dalam menyeimbangkan notasi.
kebaruan kebaruan yang dimaksud disini adalah nilai NEWS INFORMATION.gayagaya adalah gerak gerik pelaku untuk meyakinkan pendengar tentang isi yang disampaikan.ketepatanketepatan adalah kesesuaian secara logika tentang isi yang disampaikan.
Pidato tidak harus sesuai dengan teks yang sudah ada,tetapi lebih kepada pemahaman materi sehingga memudahkan dalam penyampaiannya,karena jika kita menyampaikan dengan berdasarkan hafalan,ditakutkan dalam waktu penyampaian,terjadi kekhilafan seperti,lupa,salah intonasi dan konotasi,walaupun hanya kesalahan-kesalahan kecil tapi akibat yang timbul bisa fatal,sehingga jika dalam perlombaaan peserta tersebut dapat didiscualivicati,sungguh ironis bukan,maka dari itu dalam pidato diperlukan pemahaman materi.
Tidak hanya pemahaman materi saja yang perlu diperhatikan,hal-hal yang mengenai vokal seperti artikulasi,intonasipun demikian,karena jika tidak sesuai,sadar atau tidak,hal yang kita sampaikan bisa berubah arti,dan itu bisa mempengaruhi isi,sedangkan isi adalah hal yang paling utama dalam pidato,jadi mau tidak mau nilai harus berkurang.
Kita sadar bahwa manusia adalah tempat salah,tapi di balik itu semua kita harus punya inisiatif untuk senantiasa lebih baik,bukan menjadikan kesalahan sebagai kesedihan yang berlarut-larut,salah satu cara untuk lebih baik adalah dengan terus berlatih dan berlatih,walaupun terkadang ada hambatan dalam pelaksanaannya,anggaplah sebagai hal yang biasa,terus tanamamkan dalam jiwa semangat,mental dan fisik yang kuat,supaya menjadi orang yang sukses."selamat berlatih pidato"

1 komentar: